Dikomplain Warga, Proyek Paving Blok Halaman SDN Setialaksana 03, Pihak Sekolah Akan Laporkan ke Dinas PUPR

0
55

Mediatransnusa.com – Kabupaten Bekasi – Penting nya sekolah memiliki halaman indah nan baik, karena halaman sekolah merupakan tempat untuk melakukan semua kegiatan baik upacara, olahraga maupun kegiatan-kegiatan sekolah lainnya. Karena perlunya sekolah memiliki halaman yang nyaman untuk para peserta didik.

Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan pemasangan paving blok halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Setialaksana 03. Yang berlokasi di Jl Garon Desa Setialaksana Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Namun sangat di sayangkan pelaksanaannya di komplain warga karena diduga pihak proyek tidak transparan dan di kerjakan tidak sesuai spesifikasi alias dikerjakan asal-asalan. Jumat (20/10/23).

Dari pantauan wartawan, di lokasi kegiatan pemasangan paving blok halaman sekolah tersebut tidak diketahui sumber dananya berapa jumlah anggaran yang digelontorkan untuk proyek tersebut, karena diarea kegiatan pihak proyek tidak memasang papan informasi kegiatan proyek.

Agar diketahui setiap kegiatan yang menggunakan anggaran pemerintah di wajibkan memasang papan informasi kegiatan, sebagaimana telah di atur oleh undang-undang, yang tertuang dalam undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Agar masyarakat bisa mengetahui untuk ikut serta mengawasi kegiatan tersebut apakah sudah sesuai atau sebaliknya.

READ  Dr. Weldy Jevis Saleh, SH., MH : Masihkah Advokat Dipandang Sebagai Profesi yang Mulia?

Selanjutnya pada pekerjaan lantai dasar tidak ada proses pemadatan dengan alat pemadat, karena tahap pemadatan area kerja merupakan sebuah proses yang nantinya akan sangat menentukan berapa kuat dan tahan lama hasil dari pemasangan paving blok yang telah di kerjakan. Seberapapun tinggi mutu beton paving blok yang digunakan akan menjadi sia-sia jika kurang memperhatikan dalam proses pemadatan lantai dasar.

Bukan hanya itu, proyek pemasangan paving blok halaman sekolah tidak menggunakan kanstin kontruksi yang terbuat dari beton pracetak dengan metode fabrikasi, sebagai penahan ataupun pengunci susunan paving blok yang di pasang agar tidak tergeser atau berpindah posisi ketika terpasang.

Seorang pekerja, Agus, saat di konfirmasi Wartawan mengungkapkan, bahwa pihak proyek tidak memberikan papan informasi kegiatan untuk di pasang di lokasi proyek. Dirinya mengatakan tidak ada alat pemadat karena menurutnya tidak ada proses pemadatan. Agus katakan pemasangan paving blok tidak memakai konstruksi kanstin fabrikasi.

“Papan informasi proyek gak tahu saya bang, ya bos gak ngasih papan informasi (BT yang punya proyek ini) tidak suruh pasang papan informasi, kalau ada mah saya pasang, stamper nggak ada pokoknya intinya ini kan udah padat udah di urug langsung di pasang (kerjakan) dari sana nya mungkin gak ada bang, kalau ada mungkin udah di stamper dulu, karena ini udah padat, nggak ada kanstin, nggak pakai,” ungkap Agus.

READ  Sahabat Ibu Puji (SIP) Mengadakan Konsolidasi Penguatan Kordinator Desa Kecamatan Sukatani Dan Tambelang

Hal demikian mendapat komentar dari warga sekaligus orang tua murid di SDN Setialaksana 03, Karmin menuturkan, pekerjaan pemasangan paving blok halaman sekolah harus ada pemadatan, agar permukaan paving blok tidak bergelombang, dan harus memakai kanstin dari fabrik yang sudah di jamin kualitas nya agar pemasangan paving blok tidak bergerak, Karmin menegaskan agar pihak proyek di tegur supaya pekerjaan dilaksanakan dengan baik.

“Kalau nggak ada pemadatan kurang rapih permukaan Paving Blok akan bergelombang, harusnya pakai kanstin dari fabrik soalnya itu penjaga supaya Paving Blok nggak geser, saya atas nama warga sekaligus orang tua murid berharap pihak proyek harus di pertanyakan terkait pekerjaan nya yang diduga kurang baik karena walaupun paving blok nya bagus tetap ajah kalau nggak ada pemadatan akan bergelombang dan geser paving blok nya.” Harap Karmin.

READ  Sudah Seminggu 18 Karyawan PT GBK Yang Terkena PHK Sepihak Memperjuangkan Nasib Mereka

Sementara itu, Em ( pihak sekolah ) Mengungkapkan bahwa dirinya menyayangkan dengan proses pekerjaan proyek paving blok yang ada di SDN 03 Setialaksana ini, menurut nya pekerjaan dilaksanakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang semestinya, dan pihak nya akan melaporkan kegiatan yang menurutnya tak sesuai degan spek ini ke Dinas PUPR.

“Kalau saya masalah papan informasi saya nggak tahu, tapi kalau masalah pekerjaan kita pihak sekolah akan komplain ke Dinas kita mah langsung ke konsultan PUPR, kalau memang tidak sesuai kalau saya mah prosedur, iya kita mah moto doang karena menurut saya ini tidak sesuai, ini pekerjaan dari Dinas PUPR karena kita ngajuin nya ke Dinas PUPR,” tegas (EM).

Dalam Kegiatan Proyek ini Konsultan dan pengawas dari dinas terkait jangan tutup mata, diharap turun ke lokasi proyek pemasangan paving blok halaman SDN Setialaksana 03, yang di diduga di kerjakan tidak sesuai spesifikasi alias dikerjakan asalan-asalan, pihaknya berharap diberikan teguran dan peringatan kepada pihak pelaksana kegiatan, supaya pelaksanaan kegiatan sesuai dengan aturan serta spesifikasi dalam isi perjanjian kontrak. (Husen)

Sumber : Korwil IV DPC AWIBB Bekasi Raya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini