Pengabdian Masyarakat, RSUP Dr. Sitanala Tangerang: Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat

0
119

Mediatransnusa.com – Kab.Lebak – RSUP Dr Sitanala Tangerang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Rumah Sakit Umum Kabupaten Lebak, Puskesmas Rangkasbitung, PKK dan Kader Posyandu melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten lebak, Provinsi Banten pada hari Jumat dan Sabtu, 24 dan 25 November.

Pada kegiatan ini akan dilaksanakan 10 jenis pelayanan kesehatan dan 5 Penyuluhan Kesehatan, yaitu:
A. Pelayanan Kesehatan
1. Sunatan Massal
2. Pelayanan Penyakit Dalam
3. Pelayanan Obgyn
4. Pelayanan Kesehatan Anak
5. Pelayanan Kesehatan Mata
6. Pelayanan Kesehatan Jiwa/Psikologi
7. Pelayanan Kesehatan Paru
8. Pelayanan Kesehatan Syaraf
9. Pelayanan Penyakit Kulit
10. Pelayanan Kesehatan Gigi

READ  BPN Depok Targetkan Penyelesaian Lahan Tol Cijago 4 Bulan Kedepan

B. Penyuluhan Kesehatan
1. Penyuluhan Stunting
2. Penyuluhan tentang TB Paru
3. Penyuluhan tentang Gizi Ibu Hamil
4. Penyuluhan tentang Stroke
5. Penyuluhan tentang penyakit Kusta dan Scabies

Pada hari pertama kegiatan yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama RSUP Dr. Sitanala Tangerang (dr. Afrizal Hasan, MKM, MARS) telah dilaksanakan pemeriksaan kepada sebanyak 375 orang warga dan 5 orang anak telah mengikuti Sunatan Massal, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan para warga selanjutnya mengikuti Penyuluhan Kesehatan tentang Stroke yang disampaikan oleh dr. Dina Hudiana, Sp.N dan Penyuluhan Stunting yang disampaikan oleh dr. Henni Wahyu Triyuniati, Sp.A

Dr Syahrul Arifin (Tim Medis RSUP Dr. Sitanala Tangerang) menjelaskan bahwa “Kegiatan yang akan dilaksanakan selama dua hari ini tidak menargetkan jumlah warga yang akan diberikan pelayanan kesehatan dan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh RSUP Dr. Sitanala Tangerang dan saat ini dilakukan di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten lebak, Provinsi Banten,” ucapnya.

Direktur Utama RSUP Dr. Sitanala Tangerang (dr. Afrizal Hasan, MKM, MARS) menyampaikan, dari RSUP Dr. Sitanala Tangerang merupakan Rumah Sakit dibawah naungan Kementerian Kesehatan, kita dibawah kementerian kesehatan itu seluruh Rumah Sakit Vertikal melakukan Bakti Sosial termasuk RSUP Dr. Sitanala Tangerang.

READ  Sempat Viral Video Mesum di Medsos, Dinsos Lebak Pecat Oknum Pegawainya

Fokusnya saat ini adalah didaerah Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Desa Pasir Tanjung acara ini kita sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten dan juga Rumah Sakit Umum Daerah Lebak.

“Warga sangat antusias dengan adanya bakti sosial yang di adakan oleh pihak Rumah Sakit Dr. Sitanala Tangerang, sangat membantu masyarakat kecamatan Rangkasbitung khususnya wilayah desa pasir Tanjung,” ucap salah satu warga yang mengikuti kegiatan tersebut.

(M.Irwansyah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini