KAPAL RUMAH SAKIT KOARMADA III SIAP MENJANGKAU SELURUH PELOSOK PESISIR NEGERI

0
66

SORONG, MTN – Sorong Papua Barat – Bertempat di Dermaga Lantamal XIV Sorong Papua Barat, Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah,S.H.,CHMRP.,M.TR.(Opsla) yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny Yuanita Irvansyah, menyambut kedatangan kapal perang baru yaitu KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 dengan Komandannya Letkol Laut (P) Anang Setioko, yang akan menambah kekuatan operasional dan pertahanan TNI Angkatan Laut/ Koarmada III khususnya di wilayah Indonesia Timur. Senin (29/08/22).

KRI dr. Wahidin Sudirohusodo -991 merupakan kapal jenis BRS (Bantu Rumah Sakit) milik TNI Angkatan Laut. Kapal ini diberi nama sesuai nama Pahlawan Nasional dr Wahidin Soedirohoesodo, dan dirancang oleh Anak Bangsa yang diresmikan pada tanggal 12 Januari 2022 oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

READ  PUPR Kota Sukabumi, Melalui Kasi Operasi Pemeliharaan PSDA Ikut Bertindak Pengamanan Sementara TPT Sungai Cisuda Yang Rusak

Sementara itu dalam mengawali sambutannya, Pangkoarmada III mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Satuan Kapal Bantu Koarmada III, serta mengharapkan Kapal Perang Canggih yang memiliki peralatan setara dengan Rumah Sakit Type C ini, mampu menjangkau seluruh pelosok pesisir negeri dengan memberikan kesejahteraan berupa dukungan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia di Wilayah Timur.

Lebih lanjut dikatakan Pangkoarmada III, bahwa Kapal ini mampu berlayar selama 30 hari penuh dan dapat menjangkau 10.000 Mil Laut, selain diawaki oleh 158 Prajurit, Kapal Perang ini mampu membawa 69 Tenaga Medis dan merawat 159 pasien, adapun peralatan medis yang dibawa berupa Rawat Mata, Rawat Gigi, Rawat Inap, Radiologi hingga Unit peralatan Operasi yang Canggih.

READ  Korem 064/MY Akan Gelar Pasar Murah, Catat Waktunya

Selain itu, Pangkoarmada III menyampaikan hal yang paling membanggakan, yaitu di KRI dr. Wahidin Sudirohusodo -991, terdapat 20 Prajurit lulusan Satdik 3 Kodiklatal, dimana 20 Prajurit tersebut, terdiri dari 11 Bintara dan 9 Tamtama yang merupakan Pemuda dari Indonesia Timur lulusan Satdik 3 Kodiklatal yang berada di Katapop, Kabupaten Sorong Papua Barat.

Untuk diketahui bersama bahwa Satdik 3 Kodiklatal yang berdiri pada tahun 2020, telah berhasil meluluskan 449 Prajurit, hal ini merupakan gagasan dan terobosan dari Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan Prajurit Jalasena, khususnya yang bersumber dari pemuda dan pemudi masyarakat Indonesia Bagian Timur, ungkap Pangkoarmada III.

READ  Merawat Kebhinekaan, DPW Petanesia Banten Resmi Dilantik

Dalam acara penyambutan kapal perang tersebut, sebelumnya dilaksanakan peran parade dan tarian adat penyambutan serta pengalungan bunga kepada Komandan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo -991. Sementara itu hadir dalam penyambutan kapal perang tersebut,Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho S.E , M.M., M.H., Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI Atmudji, S.E., M.M., CFrA., CRMP, Kapok Sahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yohanis Yulius Tamoni, Komandan Lantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani, Pejabat Utama Koarmada III dan pejabat unsur TNI – Polri serta Forkopimda Kota dan Kabupaten Sorong bersama Pengurus Daerah Jalasesanstri Armada III.

Source : Kadispen Koarmada III

(Ahmad Hidayat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini