Dinkes Kabupaten Sukabumi Adakan Pembinaan Kapasitas Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB)

0
52

Kota Sukabumi – Mediatransnusa.Com -Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi,Menggelar Acara Kapasitas Dan Kapabilitas Team (Cluster) binaan (TPCB) Selasa (27/02/2024), di Hotel Pangrango Jln Selabintana Sukabumi.

Sasaran dan strategi arah kebijakan RPJMN 2020-2024,salah satunya adalah Peningkatan Pelayanan Kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta terutama penguatan pelayanan kesehatan dasar (Primary Health Care) dengan mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Salah satu sasarannya adalah meningkatnya ketersediaan dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan. Penguatan pelayanan kesehatan dasar (primary Health Care) tentunya tidak terlepas dari peran puskesmas sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang meupakan ujung tombak dalam rangka mewujudkan kecamatan sehat dengan salah satu ciri masyarakatnya mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu.

Pada Kesempatan Yang Sama Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Masykur Alawi, Mengatakan
Puskesmas  perlu  dikelola  dengan  baik  agar  dapat  menjalankan  peran dan fungsinya  secara  optimal  dalam  rangka  memenuhi  kebutuhan  dan  harapan masyarakat, untuk  itu,   Puskesmas   sangat   membutuhkan   pembinaan dan pendampingan dari dinas kesehatan daerah kabupaten/kota.

READ  HAB: Pj Wali Kota, Ajak Seluruh ASN Kemenag Jadi Pelayanan Masyarakat yang Profesional

Puskesmas memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan  kesehatan.  Sebagai  fasilitas  pelayanan kesehatan tingkat  pertama, Puskesmas  menjadi  ujung tombak  dinas  kesehatan daerah kabupaten/kota dalam memenuhi standar pelayanan minimal bidang kesehatan. Kinerja   Puskesmas   akan   berpengaruh   langsung   terhadap   kinerja   dinas kesehatan daerah kabupaten/kota dan pemerintah daerah setempat

Selama  ini, tentunya sudah dilakukan pembinaan Puskesmas oleh dinas kesehatan daerah kabupaten/kota namun belum semua terencana dan terpadu dengan baik serta belum memiliki  indikator  keberhasilan  kinerja  pembinaan  sehingga  pada  gilirannya mengalami kesulitan untuk mengukur mutu pembinaan tersebut.

READ  Inilah Tanggapan Kadisdik Kabupaten Sukabumi Terkait Dugaan Oknum Kepsek Lecehkan Belasan Siswi, Coreng Dunia Pendidikan

Pembinaan terpadu ini bertujuan  untuk  mendorong  Puskesmas untuk memenuhi  standar  penyelenggaraan  Puskesmas,  meningkatkan kepatuhan Puskesmas terhadap penyelenggaraan  pelayanan,  dan  terwujudnya  budaya mutu dan keselamatan pasien di Puskesmas tersebut.

Guna mewujudkan penguatan pelayanan kesehatan dasar (primary health care) tersebut, maka telah dirumuskan langkah langkah konkrit melalui “transformasi layanan kesehatan primer”. Puskesmas sebagai bagian dari transformasi layanan kesehatan primer terntunya perlu diperkuat baik dari sisi organisasi maupun dalam operasional pelayanan kesehatan. Hal ini juga menjadi bagian dari 6 (enam) pilar transformasi system kesehatan 2021-2024 yaitu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan kesehatan prmer untuk itu perlu dilakukan pembinaan secara terpadu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota melalui Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) dan Dinas Kesehatan Provinsi.

READ  Dishub Kota Sukabumi Cepat Tanggap Terhadap Aduan Masyarakat Ada PJU yang Padam

Team Yang Bekerja Atau Membantu Puskesmas ada,enam orang untuk satu puskesmas.Kami bentuk sepuluh team yang tersebar di kabupaten Sukabumi.Untuk membantu di masing masing PusKesMas.Team itu d nama kan TPCB.”Pungkasnya.

(Suhendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini