Danrem 064/MY mendampingi Kapok Sahli Pangdam III/SLW Tutup TMMD ke – 115 Kodim 0602/Serang

0
66

Mediatransnusa.com – Serang,- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Kodim 0602/Serang resmi ditutup dalam upacara penutupan yang digelar Rabu (9/11/2022).

Hal itu menandai program TMMD yang dilaksanakan di Desa Telaga Luhur, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Provinsi Banten tersebut telah dituntaskan.

Turut hadir dalam kegiatan Kasrem 064/MY, para Kasi Korem 064/MY, para Dandim jajaran Korem 064/MY, Kabalak Korem 064/MY , Danlanal Banten dan Wakapolres Kota / Kab Polda Banten

Dalam amanatnya, Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal Kunto Arief Wibowo yang dibacakan oleh Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Kuat Budiman menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para Bupati beserta unsur Forkopimda yang daerahnya telah melaksanakan TMMD ke-115.

“Tak lupa pula saya sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruhInstansi pemerintah terkait, warga masyarakat, serta semua pihak yang telah membantu, berpartisipasi dan bekerjasama untuk menyukseskan kegiatan TMMD ke-115 sehingga dapat terselenggara dengan aman, lancar dan sesuai target yang diharapkan,” katanya.

READ  Kwalitas Kegiatan PSU Diduga Buruk, BK-LSM Ancam Demo Dinas PRKP Banten

Ia menjelaskan sebagaimana diketahui bersama, TMMD merupakan program Lintas Sektoral untuk membantu mempercepat Pembangunan di daerah terutama di desa-desa terpencil, terisolasi dan terluar yang masih minim infrastruktur dan sulit dijangkau moda transportasi serta termasuk kategori desa tertinggal.

“Disinilah TNI mencoba untuk hadir guna membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi Pemda maupun masyarakat terkait dengan upaya meningkatkan kesejahteraan dan membangun infrastuktur dan sarana yang dibutuhkan masyarakat baik fisik maupun non fisik untuk meningkatkan kesejahteraannya,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, TMMD juga menjadi sarana terbaik bagi TNI untuk membangun kemanunggalan dengan rakyat serta mendedikasikan pengabdian terbaiknya dalam membangun NKRI dan kepentingan rakyat.

“Sebagaimana juga terkandung dalam tema TMMD, yaitu TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI,” tambahnya.

READ  RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN INDRAMAYU PENYAMPAIAN LAPORAN BADAN ANGGARAN KUA-PPAS

Lebih lanjut, Mayjen Kunto berharap kehadiran prajurit TNI yang berada di tengah-tengah masyarakat selama mengerjakan program TMMD di desa ini telah mampu memberikan energi positif untuk lebih bersemangat membangun desa meraih kesejahteraan hakiki dalam berbagai aspek, baik fisik maupun non fisik.

“Untuk itu, berbagai program yang telah diwujudkan pada TMMD ke-115 ini, agar dipelihara dan digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan seluruh warga masyarakat, sekaligus sebagai motivasi untuk melakukan pembangunan secara mandiri dan berkesinambungan,” terangnya.

Senada dengannya, Komandan Korem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Tatang Subarna menuturkan kekompakan dan kebersamaan telah dipupuk dalam program TMMD ke-115.

“Tinggal kita pertahankan budaya agung yang dari dulu dicontohkan yakni budaya gotong royong yang sudah mulai hilang. Jadi program TMMD ini bagaimana kita bergotong royong dengan masyarakat untuk membangun,” tutur Danrem 064/MY.

READ  LBH Bintang Sembilan Nusantara Layangkan Somasi Ke PT Rajeg Media Telekomunikasi

Sementara itu, Asda I Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI dan Polisi dalam program TMMD ini yang berjalan aman lancar dan sukses.

“Kami akan menjaga silaturahmi dan hubungan baik yang telah terjalin ini dan Insya Allah kami Pemda Kabupaten Serang dan masyarakat akan siap menjaga infrastruktur yang telah dibangun dan terus bersinergi dengan TNI ke depan,” pungkasnya.

Diketahui, terdapat dua sasaran utama program TMMD ke-115 yaitu sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik terdiri dari betonisasi badan jalan dengan panjang 1000 meter, pembuatan 1 unit drainase, MCK komunal, rehab Musala, rehab dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH).

Selain itu, Satgas TMMD juga melaksanakan 16 sasaran non fisik yang terdiri dari penyuluhan keagamaan, pendidikan, lingkungan hidup, bela negara, pertahanan wilayah, narkoba, paham radikal, dan lain-lain. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini